AdsenseCamp

Kamis, 21 Maret 2013

Radang Usus Appendicitis


Apendisitis adalah kondisi di mana infeksi terjadi di umbai cacing. Dalam kasus ringan dapat sembuh tanpa perawatan, tetapi banyak kasus memerlukan laparotomi dengan penyingkiran umbai cacing yang terinfeksi. Bila tidak terawat, angka kematian cukup tinggi, dikarenakan oleh peritonitis dan shock ketika umbai cacing yang terinfeksi hancur. Apendisitis terjadi jika ada sisa-sisa makanan yang terjebak dan tidak dapat keluar dari umbai cacing (apendiks), sehingga lama kelamaan umbai cacing tersebut akan membusuk dan akan timbul peradangan hingga menjalar ke usus buntu. Apabila umbai cacing tersebut tidak segera dibuang dengan cara di operasi lama kelamaan akan pecah. Dalam masa peradangan usus buntu tersebut ditandai dengan adanya nanah.

Diagnosa radang usus buntu bisa rumit. Waktu adalah penting, namun gejala apendisitis sering kabur atau sangat mirip dengan yang lain, penyakit kurang mendesak (termasuk infeksi kandung kemih, radang usus besar, penyakit Crohn’s, gastritis, gastroenteritis, dan masalah ovarium). Dengan lembut menekan pada perut bagian bawah kanan Anda, dokter Anda akan merasa untuk lampiran, mengeras meradang atau dinding perut jengkel bereaksi terhadap infeksi. Sebuah tes urine juga akan dilakukan untuk menyingkirkan infeksi saluran kemih. Radang usus buntu dapat menyebabkan sakit dubur, bukan sakit perut, jadi dokter Anda juga akan memeriksa dubur Anda dengan memasukkan jari, sarung dilumasi. Tes darah putih akan muncul jika jumlah sel darah Anda yang ditinggikan, yang berarti tubuh Anda sedang melawan infeksi. CT scan dan ultrasound terbukti cepat dan terpercaya – meskipun tidak sempurna – dalam mengungkapkan radang usus buntu.
Apa Perawatan untuk Appendicitis?
Bedah untuk menghapus lampiran, yang disebut suatu usus buntu, adalah pengobatan standar untuk radang usus buntu. Kedokteran konvensional untuk Apendisitis Jika usus buntu bahkan dicurigai, dokter cenderung untuk berbuat salah di sisi keselamatan dan cepat menghapus lampiran untuk menghindari pecah-nya. Jika usus buntu telah membentuk abses, Anda mungkin memiliki dua prosedur: satu untuk melakukan drainase dipandu CT dari nanah dan cairan, dan yang kedua untuk menghapus lampiran delapan sampai 12 minggu kemudian. Operasi ini ditunda disebut usus buntu interval. Antibiotik diberikan sebelum usus buntu untuk melawan peritonitis mungkin. Anestesi umum diberikan, dan Lampiran akan dihapus melalui insisi pendek di kuadran kanan bawah. Jika Anda memiliki peritonitis, perut juga terkuras nanah. Dalam waktu 12 jam operasi Anda mungkin bangun dan bergerak di sekitar. Anda biasanya dapat kembali ke kegiatan normal dalam dua atau tiga minggu. Jika operasi dilakukan dengan laparoskop (sebuah instrumen seperti teleskop-tipis untuk melihat di dalam perut), tiga sampai empat Insisi kecil dibuat dan pemulihan lebih cepat. At-Home Care Setelah appendectomy sebuah Setelah lampiran Anda dihapus, tetap sayatan bersih untuk mempromosikan penyembuhan dan menghindari infeksi. Bagaimana saya dapat
Mencegah Appendicitis?
Tidak ada cara untuk mencegah radang usus buntu. Namun, radang usus buntu lebih jarang terjadi pada orang yang makan makanan tinggi serat, seperti buah-buahan dan sayuran segar.
Radang usus buntu (Apendisitis)
Radang usus buntu adalah salah satu penyebab sakit perut serius. Ini terjadi ketika appendix, bagian dari usus besar, menjadi terinfeksi dan meradang. Radang usus buntu yang paling umum pada orang antara usia 10 dan 30 , meskipun dapat terjadi pada usia apapun.
Gejala umum dari apendisitis meliputi:
* Rasa sakit di perut. Rasa sakit mungkin mulai sekitar pusar.
* Rasa sakit di perut yang menjadi lebih kuat dan bergerak di bawah pusar ke sisi kanan bawah.
* Rasa yang tidak hilang dan semakin memburuk ketika orang bergerak, berjalan, atau batuk.
* Sakit pada bagian manapun dari perut atau di samping.
* Mual, muntah, dan tidak ingin makan.
* Sembelit, nyeri punggung, dan demam ringan.
* Rasa sakit umum, dan rasa sakit yang sulit untuk menjelaskan. Jika usus buntu meradang tidak pembedahan dan infeksi semakin memburuk, dinding apendiks dapat membuka (ruptur). Infeksi ini menyebar ke daerah perut, menyebabkan peritonitis. Peritonitis adalah suatu kondisi serius yang, dalam kasus yang jarang terjadi, dapat mengakibatkan kematian.
·  Tanda dan Gejala Penyakit Radang Usus Buntu
Gejala usus buntu bervariasi tergantung stadiumnya;
  1. Penyakit Radang Usus Buntu akut (mendadak).
    Pada kondisi ini gejala yang ditimbulkan tubuh akan panas tinggi, mual-muntah, nyeri perut kanan bawah, buat berjalan jadi sakit sehingga agak terbongkok, namun tidak semua orang akan menunjukkan gejala seperti ini, bisa juga hanya bersifat meriang, atau mual-muntah saja.
  2. Penyakit Radang Usus Buntu kronik.
    Pada stadium ini gejala yang timbul sedikit mirip dengan sakit maag dimana terjadi nyeri samar (tumpul) di daerah sekitar pusar dan terkadang demam yang hilang timbul. Seringkali disertai dengan rasa mual, bahkan kadang muntah, kemudian nyeri itu akan berpindah ke perut kanan bawah dengan tanda-tanda yang khas pada apendisitis akut yaitu nyeri pd titik Mc Burney (istilah kesehatannya).
Penyebaran rasa nyeri akan bergantung pada arah posisi/letak usus buntu itu sendiri terhadap usus besar, Apabila ujung usus buntu menyentuh saluran kencing ureter, nyerinya akan sama dengan sensasi nyeri kolik saluran kemih, dan mungkin ada gangguan berkemih. Bila posisi usus buntunya ke belakang, rasa nyeri muncul pada pemeriksaan tusuk dubur atau tusuk vagina. Pada posisi usus buntu yang lain, rasa nyeri mungkin tidak spesifik begitu.
·  Pemeriksaan diagnosa Penyakit Radang Usus Buntu
Ada beberapa pemeriksaan yang dapat dilakukan oleh Tim Kesehatan untuk menentukan dan mendiagnosa adanya penyakit radang usus buntu (Appendicitis) oleh Pasiennya. Diantaranya adalah pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan radiology ;
  1. Pemeriksaan fisik.
    Pada appendicitis akut, dengan pengamatan akan tampak adanya pembengkakan (swelling) rongga perut dimana dinding perut tampak mengencang (distensi). Pada perabaan (palpasi) didaerah perut kanan bawah, seringkali bila ditekan akan terasa nyeri dan bila tekanan dilepas juga akan terasa nyeri (Blumberg sign) yang mana merupakan kunci dari diagnosis apendisitis akut.
Dengan tindakan tungkai kanan dan paha ditekuk kuat / tungkai di angkat tinggi-tinggi, maka rasa nyeri di perut semakin parah. Kecurigaan adanya peradangan usus buntu semakin bertambah bila pemeriksaan dubur dan atau vagina menimbulkan rasa nyeri juga. Suhu dubur (rectal) yang lebih tinggi dari suhu ketiak (axilla), lebih menunjang lagi adanya radang usus buntu.
  1. Pemeriksaan Laboratorium.
    Pada pemeriksaan laboratorium darah, yang dapat ditemukan adalah kenaikan dari sel darah putih (leukosit) hingga sekitar 10.000 – 18.000/mm3. Jika terjadi peningkatan yang lebih dari itu, maka kemungkinan apendiks sudah mengalami perforasi (pecah).
  2. Pemeriksaan radiologi.
    foto polos perut dapat memperlihatkan adanya fekalit. Namun pemeriksaan ini jarang membantu dalam menegakkan diagnosis apendisitis. Ultrasonografi (USG) cukup membantu dalam penegakkan diagnosis apendisitis (71 – 97 %), terutama untuk wanita hamil dan anak-anak. Tingkat keakuratan yang paling tinggi adalah dengan pemeriksaan CT scan (93 – 98 %). Dengan CT scan dapat terlihat jelas gambaran apendiks.
·  Penanganan dan Perawatan Penyakit Radang Usus Buntu

Bila diagnosis sudah pasti, maka penatalaksanaan standar untuk penyakit radang usus buntu (appendicitis) adalah operasi. Pada kondisi dini apabila sudah dapat langsung terdiagnosa kemungkinan pemberian obat antibiotika dapat saja dilakukan, namun demikian tingkat kekambuhannya mencapai 35%.
Pembedahan dapat dilakukan secara terbuka atau semi-tertutup (laparoskopi). Setelah dilakukan pembedahan, harus diberikan antibiotika selama 7 – 10 hari. Selanjutnya adalah perawatan luka operasi yang harus terhindar dari kemungkinan infeksi sekunder dari alat yang terkontaminasi dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar